6 Nasihat Iman Gozali - DAKWAH BILHIKMAH | Cerdas dan Penuh Hikmah
Headlines News :
Home » » 6 Nasihat Iman Gozali

6 Nasihat Iman Gozali

Written By agg on Senin, 21 Januari 2013 | 19.22


 Bersama Ustd. Ahmad Zamakhsari, MA.Pd
Dosen STIT AN-NIDA Bekasi

الحمد لله الذي أرسل محمدا صلى الله عليه وسلم بشيرا ونذيرا.وداعيا إلى الله بإذنه وسراجا منيرا. وأشهد أن لاإله إلا الله وحده لا شريك له. وأشهد أنّ محمدا عبده ورسوله لا نبي بعده. اللهم فصلّ وسلم على سيدنا محمّد وعلى آله وصحبه ومن تبعهم بإحسان إلى يوم الدين.
أما بعد : فيا أيها المسلمون رحمكم الله أوصيكم وإياي بتقوى الله فقد فاز المتقون. إتقوا الله حق تقاته ولا تموتن إلا وأنتم مسلمون.
معاشر المسلمين رحمكم الله
Marilah kita manfaatkan sebaik-baiknya kesempatan yang sangat penting ini untuk bersama-sama meningkatkan taqwa kita kepada Allah swt, dengan cara melaksanakan perintah Allah dan menjahui semua larangnya, dengan demikian mudah-mudahan kita termasuk golongan orang yang senantiasa bertaqwa kepada Allah sepanjang hidup ini.
معاشر المسلمين رحمكم الله
Di dalam hidup ini, sudah sepantasnyalah sebagai makhluk sosial,makhluk ciptaan Allah untuk saling menasehati antar satu dengan yang lainnya.
Di dalam kitab Ihya Ulumudin Suatu hari, Imam Al Ghozali berkumpul dengan murid-muridnya. Lalu Imam Al Ghozali mengajukan 6 pertanyaan.
Pertama,"Apa yang paling dekat dengan diri kita di dunia ini?". Murid-muridnya ada yang menjawab orang tua, guru, teman,dan kerabatnya. Imam Ghozali menjelaskan semua jawaban itu benar. tetapi yang paling dekat dengan kita adalah "KEMATIAN". Karena kematian itu adalah hal yang tidak bisa kita duga, Sebab itu sudah janji Allah SWT bahwa setiap yang bernyawa pasti akan mati.  Sebgaimana firman Allah swt dalam surat Ali Imran : 185
  
Artinya : " Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. dan Sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam syurga, Maka sungguh ia telah beruntung. kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan.
معاشر المسلمين رحمكم الله
Pertanyaan kedua "Apa yang paling jauh dari diri kita di dunia ini?".. Murid-muridnya ada yang menjawab bulan, matahari, dan bintang-bintang. Lalu Imam Ghozali menjelaskan bahwa semua jawaban yang mereka berikan adalah benar. Tapi yang paling benar adalah MASA LALU. Bagaimanapun kita, apapun kendaraan kita, tetap kita tidak bisa kembali ke masa lalu. Oleh sebab itu kita harus menjaga hari ini dan hari-hari yang akan datang dengan perbuatan yang sesuai dengan ajaran Agama. Ada syair arab yang mengatakan : الوقت كالسيف إذا لم تقطعه قطعك  
(waktu bagaikan pedang, jika kamu tidak memotongnya maka dia akan memotongmu). Sedangkan masih ada akhirat yang menanti di depan kita dengan dua pilihan: Surga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai atau neraka yang panasnya 7x lipat api di dunia.
Ibnu Abi Jamrah berkata dalam kitabnya “Bahjatu An Nufus” “potonglah waktu dengan perbuatanmu agar dia (waktu) tidak memotongmu”. Jadi jika kita tidak memanfaatkan waktu dengan sebaik baiknya, maka kita akan binasa sebagaimana binasanya seseorang yang terkena sabetan pedang jika dia tidak segera menghindar dan melawannya maka dia (pedang) akan memotong dan menghancurkannya, karena waktu bagaikan pedang yang membunuh.
معاشر المسلمين رحمكم الله
Pertanyaan yang ke tiga. "Apa yang paling besar di dunia ini?". Murid-muridnya ada yang menjawab gunung, bumi, lautan dan matahari. Semua jawaban itu benar kata Imam Ghozali. Tapi yang paling besar dari yang ada di dunia ini adalah "NAFSU" sebagaimana Firman Allah SWT dalam Surat Al A'Raf 179.
  
Artinya : Dan Sesungguhnya Kami jadikan untuk (isi neraka Jahannam) kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. mereka Itulah orang-orang yang lalai.
Nabi Saw Bersabda :
أعدى عدوك نفسك الذي بين جنبيك
Artinya : "Musuhmu yang paling besar adalah nafsumu sendiri yang berada di antara kedua sisimu.
Maka kita harus hati-hati dengan nafsu kita, jangan sampai nafsu membawa kita ke neraka.
معاشر المسلمين رحمكم الله
Pertanyaan ke empat adalah, "Apa yang paling berat di dunia ini?". Ada yang menjawab baja, besi, dan gajah. Semua jawaban itu benar, kata Imam Ghozali. Tapi yang paling berat adalah "memegang AMANAH"  sebagaimana firman Allah swt dalam surat Al Ahzab 72.
  
Artinya : Sesungguhnya Kami telah mengemukakan amanat  kepada langit, bumi dan gunung-gunung, Maka semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan mereka khawatir akan mengkhianatinya, dan dipikullah amanat itu oleh manusia. Yang dimaksud dengan amanat di sini ialah tugas-tugas keagamaan.

Firman Allah surat An-Nisa 58
 
Artinya : Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil. Sesungguhnya Allah memberi pengajaran yang sebaik-baiknya kepadamu. Sesungguhnya Allah adalah Maha mendengar lagi Maha melihat.
معاشر المسلمين رحمكم الله
Pertanyaan yang ke lima adalah, "Apa yang paling ringan di dunia ini?".
Ada yang menjawab kapas, angin, debu, dan daun-daunan. Semua itu benar kata Imam Ghozali. Tapi yang paling ringan di dunia ini adalah MENINGGALKAN SHOLAT. Banyak orang yang mengaku sebagai muslim, tetapi mereka secara terang-terangan meninggalkan sholat, sholat dianggap ringan dan mudah, masusia lebih memntingkan pekerjaannya dibandingkan sholat. Dengan demikian mereka telah meninggalkan identitasnya sebagai muslim karena meninggalkan sholat. Dalam sabda Nabi SAW menerangkan bahwa yang membedakan antara orang muslim dan kafir ialah sholat. Allah memberikan ancaman kepada orang yang meninggalkan sholat sebagaimana firman-Nya dalam surah Al-Mudatsir : 42-43
  
Artinya : "Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar (neraka)?"43. Mereka menjawab: "Kami dahulu tidak Termasuk orang-orang yang mengerjakan shalat,
Lantas pertanyaan ke enam adalah, "Apakah yang paling tajam di dunia ini?"
Murid-muridnya menjawab dengan serentak, pedang... Benar kata Imam Ghozali. Tapi yang paling tajam adalah "LIDAH MANUSIA". Karena melalui lidah, Manusia dengan gampangnya menyakiti hati dan melukai perasaan saudaranya sendiri.
Sebagaimana pepatah arab mengatakan :
سلامة الإنسان في حفظ السان
Selamatnya manusia karena memelihara lisannya
 Lidah memang tidak bertulang, namun jika kita tidak mampu menjaganya maka malapetaka akan menimpa kita, bahkan nyawa bisa melayang karenanya.Oleh karena itu, berucaplah dengan kata-kata yang baik kepada semua orang, anak kecil, sebaya atau orang tua, laki-laki atau perempuan, atasan atau bawahan, kawan atau musuh sekalipun, niscaya mereka akan bermurah hati akan memberikan sesuatu terbaik untuk kita.
Sebagai kesimpulan marilah kita renungkan dan praktekkan nasehat Imam ghazali kepada murid-nya :
1.      Pertama,"Apa yang paling dekat dengan diri kita di dunia ini adalah KEMATIAN
2.      Pertanyaan kedua "Apa yang paling jauh dari diri kita di dunia ini MASA LALU
3.      Pertanyaan yang ke tiga. "Apa yang paling besar di dunia ini HAWA NAFSU
4.      Pertanyaan ke empat adalah, "Apa yang paling berat di dunia ini MEMEGANG AMANAH
5.      Pertanyaan yang ke lima adalah, "Apa yang paling ringan di dunia ini MENINGGALKAN SHOLAT
6.      Lantas pertanyaan ke enam adalah, "Apakah yang paling tajam di dunia ini?" LISAN MANUSIA

Demikianlah khutbah yang singkat ini, mudah-mudahan kita bisa mengaplikasikan nasehat Imam Ghazali dalam kehidupan kita sehari-hari, Amin ya rabbal Alamin
  
بارك الله لي ولكم في القرآن الكريم. ونفعني وإياكم بما فيه من الأيات والذكر الحكيم وتقبل منى ومنكم تلاوته إنه هو السميع العليم. أقول قولى هذا واستغفروا الله العظيم لي ولكم ولسائر المسلمين والمسلمات والمؤمنين والمؤمنات فااستغفروه إنه هو الغفور الرحيم

Share this article :

0 komentar:

Tulis Komentar Anda Di Sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. DAKWAH BILHIKMAH | Cerdas dan Penuh Hikmah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger