Jangan Hanya Mau Menjadi Guru Biasa - DAKWAH BILHIKMAH | Cerdas dan Penuh Hikmah
Headlines News :
Home » , » Jangan Hanya Mau Menjadi Guru Biasa

Jangan Hanya Mau Menjadi Guru Biasa

Written By agg on Rabu, 23 Oktober 2013 | 20.04

         
Agung Nursidik, S.Pd.I ( WAKAKEPSEK GAMAIS )
Kali ini saya hanya ingin berbagi insprirasi saya dengan para pemerhati pendidikan.,khususnya para guru bintang. Hari - hari yang kita lalui sebagai seorang guru memang begitu melelahkan. Berjuta harapan yang kita inginkan dari anak - anak didik kita. Siapa yang tidak ingin memiliki siswa - siswi sukses?, siapa yang tidak menginginkan peserta didiknya menjadi orang baik dan sholeh di kemudian hari? dan siapa yang tidak menginginkan peserta didiknya kelak menjadi pemimpin di negeri ini?. Semua guru pasti menginginkan peserta didiknya menjadi sukses, berprestasi, sholeh dan pemimpin peradaban yang akan datang. Tetapi apakah sejuta harapan yang kita gantungkan pada mereka sudah diimbangi dengan pengorbanan besar kita selama ini ( jawabannya ada pada kita semua ). Guru adalah sosok yang harus mampu di gugu dan ditiru, mampu menjadi inspirasi bagi semua peserta didiknya. Maka dari itu bukan sekedar harapan dan keinginan yang kita gantungkan kepada mereka, tetapi usaha, pengorbanan, dan doa kitalah yang akan mengiring dan membimbing mereka.
          Dalam kurikulum 2013 guru di tuntut memiliki kompetensi yang wajib diperolehnya, mengapa saya katakan diperoleh?, karena untuk  mendapatkan kompetensi tersebut membutuhkan proses seleksi yang ketat dan penuh pengorbanan. Salah satu prosesnya adalah dengan PLPG ( Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru ) berdasarkan Undang - Undang No. 14 Tahun 2005 yang telah mencetak guru - guru profesional melalui mekanisme yang telah ditentukan pemerintah.

Berikut ini adalah penjelasannya 4 kompetensi guru profesional:

1. Kompetensi Pedagogik
Kompetensi ini menyangkut kemampuan seorang guru dalam memahami karakteristik atau kemampuan yang dimiliki oleh murid melalui berbagai cara. Cara yang utama yaitu dengan memahami murid melalui perkembangan kognitif murid, merancang pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran serta evaluasi hasil belajar sekaligus pengembangan murid.

2. Kompetensi Kepribadian
Kompetensi kepribadian ini adalah salah satu kemampuan personal yang harus dimiliki oleh guru profesional dengan cara mencerminkan kepribadian yang baik pada diri sendiri, bersikap bijaksana serta arif, bersikap dewasa dan berwibawa serta mempunyai akhlak mulia untuk menjadi sauri teladan yang baik.

3. Kompetensi Profesional
Kompetensi profesional adalah salah satu unsur yang harus dimiliki oleh guru yaitu dengan cara menguasai materi pembelajaran secara luas dan mendalam.

4. Kompetensi Sosial
Kompetensi sosial adalah salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang pendidik melalui cara yang baik dalam berkomunikasi dengan murid dan seluruh tenaga kependidikan atau juga dengan orang tua/wali peserta didik dan masyarakat sekitar. 

     Maka dari itu wahai para guru bintang, agar kita dapat mengantarkan peserta didik kita menjadi orang yang lebih baik dan berkarakter janganlah kita menjadi guru yang memiliki banyak penyakit diantaranya adalah :
  1. TBC : Tidak Bisa Computer
  2. KADAS : Kehadirannya Asal - Asalan
  3. KUDIS : Kurang Disiplin
  4. KURAP : Kurang Rapi ( Pakaian tidak rapi, ADPOK tidak rapi dll )
  5. BATUK : Beri Anak Tugas Setelah Itu Keluar
           Maka dari itu wahai para guru yuk...kita tingkatkan kemampuan dan kompetensi kita agar selalu lebih baik. menjadi seorang guru adalah anugerah terbesar yang Allah berikan kepada kita. Kalau kita dapat menanamkan kebaikan pada mereka, kemudian mereka mengamalkannya sepanjang waktu maka kita akan memperoleh pahala yang tiada putus - putusnya. Tetapi sebaliknya kalau kita tidak dapat menanamkan kebaikan atau bahkan meracuni mereka dari hal keburukan, maka kita pun akan mendapatkan dosa selama mereka menjalankan keburukan itu.

           Wahai para guru janganlah kita berdiam diri menjadi guru yang tidak berkembang dan hanya menjadi guru Biasa. jadilah guru yang berusaha memiliki prestasi besar untuk kebaikan umat. Ingat hidup di dunia hanya sekali dan sebentar, maka dari hidup yang sebentar itu torehkanlah sejarah prestasi yang terbaik. Semoga kita selalu menjadi guru yang selalu meng-upgrade diri untuk selalu lebih baik. Wallahu Alam

Share this article :

0 komentar:

Tulis Komentar Anda Di Sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. DAKWAH BILHIKMAH | Cerdas dan Penuh Hikmah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger